Kamis, 13 Maret 2014

Analisa SWOT



Analisa SWOT

Analisa SWOT di Erlangga 2

Strength (keunggulan) dari Erlangga 2 adalah berlokasi di Denpasar yaitu tepatnya di jantung kota memudahkan para wisatawan dari luar bali untuk datang ke sana, menjual berbagai produk oleh-oleh mulai dari: celana, baju kaos, daster, baju barong, dan lain-lain; terdapat juga aneka model tas, sandal, ikat pinggang, dan berbagai souvenir, serta lukisan yang sangat identik dengan Bali sebagai salah satu pulau terindah di dunia, harga yang dibandrol di erlangga cukup terjangkau mulai dari Rp 5000 – Rp 500.000, adapun beberapa fasilitas lain yang disediakan toko ini, seperti food court, mushola, dan pijat refleksi, adapula tempat untuk mengepak barang belanjaan yang rawan rusak, seperti lukisan, dan beberapa produk lainnya, mempunyai tempat belanja yang luas sampai lantai 2 sehingga pengunjung bias memilih produk dengan leluasa, penataan produk souvernir sangat rapi dan teratur berdasarkan item masing-masing, mempunyai lapangan parkir yang luas yang memudahkan para pengunjung memakirkan kendaraannya terutama sepeda motor dan mobil.
Weakness (kelemahan) dari Erlangga 2 adalah harga sudah dibandrol tetap oleh perusahaan, tidak bisa tawar menawar terhadap harga, jika menggunakan bus akan sedikit terhamabat, karena jalanan kota denpasar kadang-kadang macet dan jalan menuju ke sana tidaklah besar sebesar jalan utama di kota denpasar.
Opportunities (peluang) dari Erlangga 2 adalah peluang ke depannya sangat baik, karena Erlangga 2 mempunyai lokasi yang strategis dan tempat yang besar atau luas sehingga memudahkan para pembeli untuk memilih-milih oleh-oleh bali. Jika manajemen dari erlangga 2 sudah bekerja dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang tinggi, tidak salah jika suatu saat mereka membuka cabang di tempat yang lain. Hingga saat ini mereka mempunyai 2 cabang.
Threat (ancaman) untuk Erlangga 2, saya sebagai mahasiswa lebih melihat ancaman ini seperti competitor, apapun bisnis yang kita jalankan pastilah ada kompetitornya. Sekarang hanya tergantung dari manajemen Erlangga 2 saja bagaimana cara menghadapi competitor ini secara sehat. Karena di Bali sekarang sudah banyak pasar oleh-oleh Bali mulai dari yang tradisional seperti pasar sukawati, pasar raya kuta, dll hingga pasar modern seperti krisna, jogger, dll.

Analisa SWOT di Krisna

Strength (keunggulan) dari krisna yang berlokasi di Nusa Kambangan, Denpasar adalah mempunyai lokasi yang strategis yaitu di jantung kota denpasar, menjual beraneka ragam produk, seperti: kerajinan tangan, camilan khas Bali,  bed cover, tas kreasi, pernak-pernik, lukisan, silver ada juga t-shirt kartun tentang Bali yang unik dan lucu yang menjadi produk andalan Krisna Bali. Adapun harga yang dibandrol tidaklah mahal hanya berkisar Rp10.000 - Rp 300.000, mempunyai fasilitas food court, penataan produk yang teratur dan rapi untuk memudahkan para pembeli untuk membeli oleh-oleh, mempunyai 4 cabang, sehingga memudahkan para pelancong untuk berkunjung ke krisna, mereka tidak harus berkunjung ke Denpasar untuk mendapatkan produk oleh-oleh dari krisna.
Weakness (kelemahan) dari krisna yang berlokasi di Nusa Kambangan adalah tidak bisa melakukan kegiatan tawar-menawar, karena harga sudah ditetapkan oleh pemilik toko, memiliki parkir yang kurang luas, sehingga menyulitkan bus untuk berkunjung ke sana di samping itu kemacatan kota Denpasar dan jalan akses menuju ke sana tidaklah cukup besar.
Opportunities (peluang) dari krisna yang berlokasi di Nusa Kambangan adalah peluang mereka dalam dunia bisnis oleh-oleh bali sangatlah baik. Sampai sekarang mereka mempunyai 4 outlet yang tersebar diberbagai daerah di Bali. Itu menunjukkan mereka sudah bisa mengembangkan produk oleh-olehnya ke daerah atau lokasi yang berbeda.
Threat (ancaman) dari krisna yang berlokasi di Nusa Kambangan, yaitu: ancaman dari tidak datang dari luar saja tetapi dalam perusahaan bisa terjadi pula, oleh karena itu sebagai manajemen yang baik mereka harus bisa mempertahankan apa yang sudah ada, sehingga ancaman dari dalam bisa teratasi dengan baik. Sedangkan ancaman dari luar para competitor tidak diam begitu saja mereka terus mengembangkan produk oleh-oleh mereka sehingga terjadinya persaingan yang sengit di dunia bisnis oleh-oleh Bali. Para competitor ini seperti erlangga, jogger, pasar-pasar seni yang ada di Bali, dll.

Analisa SWOT di Pasar Sukawati

Strength (keunggulan) dari pasar sukawati adalah merupakan  pasar seni yang sangat terkenal sampai ke penjuru dunia, pasar seni Sukawati sangat terkenal karena menjual pakaian dan kerajinan traditional khas Bali dengan harga yang sangat murah. Pakaian seperti Batik yang berciri khas Batik ornamen Bali. Selain itu juga banyak dijual pakaian baik celanan maupun baju, yang dapat anda gunakan di pantai dan harganya pun sangat murah dibandingkan dengan tempat lain. Semua harga yang ditawarkan disini, dapat anda tawar.
Weakness (kelemahan) dari pasar sukawati adalah akses untuk ke sana cukup jauh karena berlokasi di kecamatan Sukawati kabupaten Gianyar, kira-kira 30 km dari kawasan Kuta dan kurang lebih 90 menit perjalanan dari bandara Ngurah Rai Bali. Barang-barang tidak di tata rapi seperti produk oleh-oleh yang berada di toko, jika membeli oleh-oleh kita berdesak-desakan dengan pengunjung atau pembeli lainnya.
Opportunities (peluang) dari pasar sukawati adalah pasar sukawati mempunyai peluang yang baik dalam penjualan oleh-oleh bali, karena pasar ini sudah ada sejak lama dan juga di kenal oleh para wisatawan asing maupun lokal. Tidak seperti Krisna dan Erlangga yang dominan yang membeli kalangan dalam negeri, melainkan pasar sukawati memiliki daya tarik tersendiri yang membuat mereka berbeda dengan pasar yang lain.
Threat (ancaman) dari pasar sukawati adalah dengan hadirnya berbagai pusat belanja oleh-oleh Bali, seperti Krisna dan Erlangga yang menawarkan beraneka ragam oleh-oleh dan penataan yang baik, pasar sukawati tetaplah menjadi primadona bagi wisatawan asing maupun local, karena mempunyai lokasi yang unik seperti adanya ornament-ornamen ukiran Bali yang nyata tidak di buat-buat dan masyarakat di sana sangat ramah dalam menyambut pengunjung atau pembeli yang datang.

 Nama               : Suryantha Ruswanda Putra
Niman              : 10401042
Kelas                : DIV MPH A/Smt 6




1 komentar: