Analisa SWOT
Analisa SWOT di
Erlangga 2
Strength
(keunggulan)
dari Erlangga 2 adalah berlokasi di Denpasar yaitu tepatnya di jantung kota
memudahkan para wisatawan dari luar bali untuk datang ke sana, menjual berbagai
produk oleh-oleh mulai dari: celana, baju kaos, daster, baju
barong, dan lain-lain; terdapat juga aneka model tas, sandal, ikat pinggang,
dan berbagai souvenir, serta lukisan yang sangat identik dengan Bali sebagai
salah satu pulau terindah di dunia,
harga yang dibandrol di erlangga cukup terjangkau mulai dari Rp 5000 – Rp
500.000, adapun beberapa fasilitas lain yang disediakan toko ini,
seperti food court, mushola, dan pijat refleksi, adapula tempat untuk mengepak
barang belanjaan yang rawan rusak, seperti lukisan, dan beberapa produk lainnya,
mempunyai tempat belanja yang luas sampai lantai 2 sehingga pengunjung bias
memilih produk dengan leluasa, penataan produk souvernir sangat rapi dan teratur
berdasarkan item masing-masing, mempunyai lapangan parkir yang luas yang
memudahkan para pengunjung memakirkan kendaraannya terutama sepeda motor dan
mobil.
Weakness (kelemahan) dari
Erlangga 2 adalah harga sudah dibandrol tetap oleh perusahaan, tidak bisa tawar
menawar terhadap harga, jika menggunakan bus akan sedikit terhamabat, karena
jalanan kota denpasar kadang-kadang macet dan jalan menuju ke sana tidaklah
besar sebesar jalan utama di kota denpasar.
Opportunities (peluang) dari
Erlangga 2 adalah peluang ke depannya sangat baik, karena Erlangga 2 mempunyai
lokasi yang strategis dan tempat yang besar atau luas sehingga memudahkan para
pembeli untuk memilih-milih oleh-oleh bali. Jika manajemen dari erlangga 2
sudah bekerja dengan baik dan menghasilkan keuntungan yang tinggi, tidak salah
jika suatu saat mereka membuka cabang di tempat yang lain. Hingga saat ini
mereka mempunyai 2 cabang.
Threat (ancaman) untuk Erlangga 2, saya sebagai
mahasiswa lebih melihat ancaman ini seperti competitor, apapun bisnis yang kita
jalankan pastilah ada kompetitornya. Sekarang hanya tergantung dari manajemen
Erlangga 2 saja bagaimana cara menghadapi competitor ini secara sehat. Karena
di Bali sekarang sudah banyak pasar oleh-oleh Bali mulai dari yang tradisional
seperti pasar sukawati, pasar raya kuta, dll hingga pasar modern seperti
krisna, jogger, dll.
Analisa SWOT di Krisna
Strength
(keunggulan)
dari krisna yang berlokasi di Nusa Kambangan, Denpasar adalah mempunyai lokasi
yang strategis yaitu di jantung kota denpasar, menjual beraneka ragam produk,
seperti: kerajinan tangan, camilan khas Bali, bed cover, tas kreasi, pernak-pernik,
lukisan, silver ada juga t-shirt kartun tentang Bali yang unik dan lucu yang
menjadi produk andalan Krisna Bali. Adapun harga yang dibandrol tidaklah mahal
hanya berkisar Rp10.000 - Rp 300.000, mempunyai fasilitas food court, penataan
produk yang teratur dan rapi untuk memudahkan para pembeli untuk membeli
oleh-oleh, mempunyai 4 cabang, sehingga memudahkan para pelancong untuk
berkunjung ke krisna, mereka tidak harus berkunjung ke Denpasar untuk
mendapatkan produk oleh-oleh dari krisna.
Weakness
(kelemahan) dari
krisna yang berlokasi di Nusa Kambangan adalah tidak bisa melakukan kegiatan
tawar-menawar, karena harga sudah ditetapkan oleh pemilik toko, memiliki parkir
yang kurang luas, sehingga menyulitkan bus untuk berkunjung ke sana di samping itu
kemacatan kota Denpasar dan jalan akses menuju ke sana tidaklah cukup besar.
Opportunities
(peluang) dari
krisna yang berlokasi di Nusa Kambangan adalah peluang mereka dalam dunia
bisnis oleh-oleh bali sangatlah baik. Sampai sekarang mereka mempunyai 4 outlet
yang tersebar diberbagai daerah di Bali. Itu menunjukkan mereka sudah bisa
mengembangkan produk oleh-olehnya ke daerah atau lokasi yang berbeda.
Threat (ancaman) dari krisna yang berlokasi di
Nusa Kambangan, yaitu: ancaman dari tidak datang dari luar saja tetapi dalam
perusahaan bisa terjadi pula, oleh karena itu sebagai manajemen yang baik
mereka harus bisa mempertahankan apa yang sudah ada, sehingga ancaman dari
dalam bisa teratasi dengan baik. Sedangkan ancaman dari luar para competitor
tidak diam begitu saja mereka terus mengembangkan produk oleh-oleh mereka
sehingga terjadinya persaingan yang sengit di dunia bisnis oleh-oleh Bali. Para
competitor ini seperti erlangga, jogger, pasar-pasar seni yang ada di Bali,
dll.
Analisa SWOT di
Pasar Sukawati
Strength (keunggulan) dari pasar sukawati adalah merupakan pasar seni yang
sangat terkenal sampai ke penjuru dunia, pasar seni Sukawati sangat terkenal
karena menjual pakaian dan kerajinan traditional khas Bali dengan harga yang
sangat murah. Pakaian seperti Batik yang berciri khas Batik ornamen Bali.
Selain itu juga banyak dijual pakaian baik celanan maupun baju, yang dapat anda
gunakan di pantai dan harganya pun sangat murah dibandingkan dengan tempat
lain. Semua harga yang ditawarkan disini, dapat anda tawar.
Weakness (kelemahan) dari pasar sukawati adalah akses
untuk ke sana cukup jauh karena berlokasi di kecamatan
Sukawati kabupaten Gianyar, kira-kira 30 km dari kawasan Kuta dan kurang lebih
90 menit perjalanan dari bandara Ngurah Rai Bali. Barang-barang tidak di tata
rapi seperti produk oleh-oleh yang berada di toko, jika membeli oleh-oleh kita
berdesak-desakan dengan pengunjung atau pembeli lainnya.
Opportunities (peluang) dari pasar sukawati adalah pasar
sukawati mempunyai peluang yang baik dalam penjualan oleh-oleh bali, karena
pasar ini sudah ada sejak lama dan juga di kenal oleh para wisatawan asing
maupun lokal. Tidak seperti Krisna dan Erlangga yang dominan yang membeli
kalangan dalam negeri, melainkan pasar sukawati memiliki daya tarik tersendiri
yang membuat mereka berbeda dengan pasar yang lain.
Threat (ancaman) dari pasar sukawati adalah dengan
hadirnya berbagai pusat belanja oleh-oleh Bali, seperti Krisna dan Erlangga
yang menawarkan beraneka ragam oleh-oleh dan penataan yang baik, pasar sukawati
tetaplah menjadi primadona bagi wisatawan asing maupun local, karena mempunyai
lokasi yang unik seperti adanya ornament-ornamen ukiran Bali yang nyata tidak
di buat-buat dan masyarakat di sana sangat ramah dalam menyambut pengunjung
atau pembeli yang datang.
Nama : Suryantha Ruswanda Putra
Niman : 10401042
Kelas : DIV MPH A/Smt 6
Score: 85, quite excellent!
BalasHapus